Tips untuk menjadi CMO di startup ...

Tips untuk menjadi CMO di startup digital [3-end]


Hellooooo, welcome back dengan kitah-kitah yang pernah punya pengalaman
menjalankan startup digital sehinggaaaa berani dan tau apa yang di share
mengenai dunia per-startup-an,ceileeeeh.

masih berhubungan dengan cara menjadi CEO serta cara CTO menerima CEO heheh

kali ini artikel di tujukan untuk Chief Marketing Officer
alias direktur marketing, anak buahnya siapa? yananti kudu banyak duluuuu

seperti yang sudah-sudah ya, karena ini startup, artinya kamu
marketer pertama, nentuin target pasar,cara jualan,cara cari konsumen untuk produk kamu.

sudah pasti, kamu harus banyak-banyakin networking,belajar terus
baik pemasaran secara digital maupun konvensional.

pemasaran digital tentu berkaitan dengan design yang trendy
pas orang pertama lihat logo,banner,flyer produk kamu dia langsung kagum
pas orang pertama baca tulisan di web/aplikasi/postingan sosmed yang isinya produk kamu
dia harus bener-bener tertarik,minimal penasaran,terpaku dan beli palu untuk congkel itu pakunya ~halah
dan ini ada triknya sendiri.

tapi nggak cuma teknis marketing aja loh, sebagai CMO kamu perlu tau seberapa kuat produkmu bertahan
ingat,mempertahankan gak semudah mencapainya.
dan mencapainya pun perlu kesolidan,serta usaha yang keras
(jadi ini mau bahas skill,pencapain atau bertahannya sih ~,~)

ok-ok sabar jek, berikut tips yang perlu kamu ikuti untuk menjadi CMO startup :



1. Tentukan Target

Target penjualan ini udah penting,wajib, haram hukumnya kalau nggak punya
karena sales tanpa target penjualan bagai ambulan tanpa wiu-wiu (apasih...)

Sebenernya nggak perlu di tulis lah ya, karena udah pada tau kan
kalau target itu gak cuma siapa targetnya....
lalu targetnya berapa lama bisa mencapai berapa...
kemudian target di SEO google page rank atau global rank
sampai target di SMO dapet berapa follower
sepertinya itu udah gak perlu deh ya di jelasin apa aja targetnya
(*pembaca: lah itu di atas apaaaaa...)

2. Validasi Pasar

Kamu harus sadar,begitu banyak produk startup di dunia ini
gak heran sekaliber gojek,tokopedia,indotrading ada pesaingnya
siapa yang kuat dia bertahan,siapa bertahan dia pemenang.

Sebelum positif bergabung,diskusikan dengan CEO mu bagaimana hasil validasinya?
seperti apa hasil survey kecil-kecilan mengenai mvp yang sudah soft launch?
apa diferensiasi dengan existing?

lakukan lagi yang sudah di lakukan CEO, pastikan dengan teknikmu untuk minat pasarnya.


3. Pastikan kamu klop dengan CTO

Sebenernya kamu dan CTO itu benar-benar wali bagi CEO
tapi kalau di tinjau dari sudut pandang manajemen
kamu adalah deputy bagi CEO,yang artinya CTO harus bener-bener mau dengerin kamu

Kita bicara kasar ya,umumnya CTO kurang bisa menghargai posisi marketing
lantaran keliatan kerjanya cuma jual omongan,ini 100% salah
justru kamu itu yang paling ngerti kapan produk ini harus begini
dan solusi apa yang kamu tawarkan ke konsumen apabila produk mu
berjalan tidak sebagaimana mestinya

karena dari prinsip teknologi informasi kenyamanan berbanding terbalik dengan keamanan
sudah jamak kalau CTO seringkali mengesampingkan kenyamanan
karena keamanan aplikasi itu bisa saja terancam error atau di eksploitasi
oleh pihak tak bertanggung jawab.

kamu harus komunikasi heart to heart dengan CTO
dan pastikan dia benar-benar menghargai pendapatmu.


4. Sales projection itu penting

Perkiraan penjualan itu bisa di jadikan acuan untuk target marketingmu
suatu tonggak tumbuh kembang perusahaan kalian.
selain monitoring keuangan, ini juga bisa di jadikan
pengambilan keputusan strategis untuk langkah taktis perusahaanmu
sampai di titik paling gerah,pivot!

Jika sudah keluar dari pakem forecastnya, sudah saatnya
kamu memikirkan strategi lain atau dana lebih untuk investasi pemasaran
dengan cara yang lebih akurat.



Ya, beginilah serba-serbi seorang marketing, jadi nggak cuma penampilan fisik aja
perlu penampilan yang oke untuk visualisasi produkmu,dan kalimat yang menarik
saat berjualan via online, namanya aja startup digital, yagak yagak yagak....
0.00 / 0 votes

In order to comment, please sign in

Comments


Loading
User Menu
Tag Cloud